Megahnya Situs Warisan Dunia UNESCO Angkor Wat Siem Reap




Melanjutkan tulisan sebelumnya yaitu wisata Phnom Penh, Tuol sleng saksi bisu kekejaman Khmer Merah  (klik disini) setelah mengunjungi toel sleng, saya melanjutkan perjalanan ke Siem Reap. Waktu tempuh lumayan agak panjang kurang lebih 4 jam. Tujuan utamanya adalah Angkor Wat yang terkenal dengan peninggalan candi-candi yang begitu luas dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, tempat ini juga pernah digunakan sebagai tempat syuting film 'Tomb Rider'.

Karena bis yang membawaku ke Siem Reap baru berangkat sore hari dari Phnom Phen, alhasil kita baru sampe Siem Reap malam hari. Turun dari bis, langsung menuju ke hotel dengan menggunakan jasa tuk-tuk yang ada.

Beruntung saat itu weekend, sehingga dapat menikati gemerlap kehidupan malam di Siem Reap tepatnya di Old Market. Lalu ke pasar malam untuk membeli oleh-oleh. Ada yang menarik disana, jajanan yang ditawarkan menurut saya agak ekstrim, yaitu kalajengking dan serangga lainnya. Kalau kita mengambil foto dan tidak membeli makanannya maka harus bayar 1 dollar, tetapi kalau beli gratis untuk foto.

Sebagai informasi, mata uang yang lebih banyak digunakan adalah Dollar US ($) dibandingkan dengan mata uang negara tersebut sama halnya dengan di Phom Phen.

Esoknya, pagi-pagi setelah sarapan, kita langsung bersiap untuk menuju ke Angkor Wat. Kami menyewa tuktuk untuk masuk ke kawasan Angkor Wat. Sebelum masuk ke komplek Angkor Wat, kita diwajibkan untuk membeli tiket untuk 1 hari dengan tarif USD 20 (Rp 280 ribu), untuk 3 hari dengan tarif USD 40 (Rp 560 ribu), untuk 7 hari dengan tarif USD 60 (Rp 840 ribu), kurs saat itu kurang lebih USD 1= Rp14.000.

Tiket yang telah kita beli jangan sampai hilang, karena tiket ini menjadi pass untuk wisatawan memasuki segala macam komplek candi di Angkot Wat. Pada tiket terdapat foto kita lho

Tiket masuk "one day trip" Angkor Wat

Jika kalian memiliki banyak waktu untuk berlibur, lebih baik membeli tiket terusan untuk 7 hari, karena komplek Angkor Wat tidak mungkin dapat dikelilingi dalam satu hari apalagi kalau kita ingin melihat detail setiap lokasi candi satu persatu. Saat itu saya hanya membeli tiket yang satu hari karena waktu berlibur yang terbatas, jadi candi yang dikunjungi pun terbatas hanya pada candi-candi besar dan terkenal saja, misalnya Candi Angkor Wat, Candi yang dijadikan syuting tomb rider, dan beberapa candi lainnya yang direkomendasikan oleh pengemudi tuktuk.

Candi yang paling banyak diminati untuk dikunjungi karena disini pernah dijadikan tempat syuting film tomb rider

Sangat takjub dengan keindahan candi-candi yang ada di sana, khususnya Angkor Wat. Angkor Wat melambangkan ciri keagamaan Hindu dengan menara utama, halaman dikelilingi dinding dan terusan yang berfungsi sebagai penghadang, terdapat sebuah parit dan dinding yang dilukis indah mengelilingi lima kuil utama. 

Taman yang ada di depan Komplek Angkor Wat

Hamparan rumput hijau menghiasi setiap sudut komplek Angkor Wat

Sisi dalam Angkor Wat, begitu megah berdiri menjadi daya tarik untuk foto wisatawan


Gak bakalan nyesel deh berkeliling seharian, karena semuanya terbayar dengan Megah dan indahnya candi-candi yang ada di komplek Angkor Wat.


Salah satu candi lainnya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan





No comments