Daya Tarik Stone Garden sebagai Objek Wisata Geo Park di Bandung Barat


Salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit di Kabupaten Bandung Barat belakang ini adalah wisata alam, salah satunya Stone Garden.

Stone Garden adalah sebuah taman berbatu di kawasan gunung batu kapur yang lokasinya terletak di puncak gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia.
Berdasarkan informasi yang diperoleh, dahulu kawasan perbukitan ini berada di dasar laut, karena adanya aktivitas bumi dan pergeseran lempengan, maka terangkatlah ke permukaan dan menjadi tebing bukit kapur seperti sekarang. Tak heran beberapa bentuk batu yang ada di atas menyerupai batu karang yang berongga-rongga.

Untuk mencapai lokasi ini, kalian bisa melewati situs Goa Pawon yang ditandai dengan gapura hitam besar di sisi kanan jalan (jika kalian dari arah Padalarang) bertuliskan Situs Goa Pawon. Jika kalian mengambil jalur ini, maka dapat mengunjungi 2 lokasi sekaligus yaitu Goa Pawon (tempat ditemukannya fosil manusia purba) dan Stone Garden dengan catatan harus berjalan kaki sejauh 1.5 KM melewati hutan kecil dengan kemiringan 45 derajat.


Adapun jalan lainnya, kalian bisa melalui pabrik-pabrik pengolahan batu kapur. Di sisi kanan jalan (sekitar 15-20 menit dari pintu tol Padalarang) sebelum melewati gapura hitam, ada masjid Al Ikhlas cukup besar yang di sampingnya ada jalan dengan papan petunjuk Stone Garden & Gua Pawon. Dari sini, kendaraan bisa masuk terus hingga sampai di pelataran parkir tepat di kaki gunung Masigit. Dari area parkir menuju Stone Garden cukup berjalan menanjak tidak sampai 5 menit.

Fasilitas yang ada di kawasan tersebut antara lain, toilet umum, mushola, dan kedai-kedai makanan.

Di stone garden ini, kalian bisa menikmati keindahan batu-batuan gamping yang eksotisme berdiri secara alami tak beraturan. Ketika menginjakkan kaki kesana, serasa bukan di Indonesia.

Stone Garden juga sering di gunakan sebagai tempat prewedding, banyak spot-spot menarik dan indah yang bisa di jadikan sebagai background foto. Para pecinta fotografi pasti paham. Oleh karena itu kamu yang suka hunting foto harus menjadikan tempat ini salah satu list spot hunting yang wajib dikunjungi.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari. Pemandangan pada pagi hari sedikit berkabut namun udaranya masih sangat segar, kalau sore hari bisa menyaksikan sunset (tergantung cuaca).

No comments