Wisata Sejarah Kebudayaan Megalitikum Situs Gunung Padang Cianjur



Tertarik dengan wisata sejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum?

Di Jawa Barat ada lho lokasi wisata yang namanya Situs Gunung Padang. Lokasinya di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang merupakan salah satu situs peninggalan kebudayaan Megalitikum. Terletak pada ketinggian 885 mdpl dengan luas lokasi sekitar 3 ha dan luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m².

Di komplek punden berundak ini kita bisa melihat berbagai macam artefak peninggalan zaman batu besar, diantaranya adalah menhir (batu berdiri), bebatuan yang menyerupai alat musik.
Menhir dan artefak lainnya yang ada di Gunung Padang

Untuk mencapai lokasi situs gunung padang dari tempat parkir, kita harus menyiapkan fisik yang kuat, karena kita akan menaiki tangga batu yang curam. JIka kalian tidak mau menaiki anak tangga yang curam, maka tukang ojek biasanya akan membawa kalian ke jalan lain, tentu saja biaya yang dikenakan oleh tukang ojek lebih mahal dan berlipat. Saat itu, saya lebih memilih menaiki anak tangga tersebut supaya perjalanan lebih menarik dan menjadi pengalaman tersendiri.
Tangga batu yang cukup curam menjadi daya tarik tersendiri untuk memasuki kawasan Gunung Padang


Ketika kita sampai di lokasi, terdapat beberapa teras.  Di teras pertama terdapat pintu dan tempat pemujaan. Teras ke 2 terdapat batu lumbung, batu kursi, batu berbentuk pusaka Kujang (benda pusaka Jawa Barat). Di teras ke 3 terdapat batuan yang memiliki telapak maung (harimau). Teras ke 4 terdapat batuan besar yang katanya untuk uji fisik tapi batu ini telah dipindahkan. Di teras ke 5 merupakan teras utama untuk pemujaan.


Batuan-batuan megalitikum yang terhampar di Gunung Padang

Ayo datang dan kunjungi Situs Gunung Padang, nikmati peninggalan kebudayaan megalitikum yang berada di Jawa Barat.


Pemandangan kawasan Gunung Padang dilihat dari teras atas



No comments