Wisata Pantai Ujung Genteng, keindahannya memanjakan mata


Wisata pantai di Jawa Barat?
Yang pertama terbayang mungkin Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran. Padahal di Jawa Barat, banyak sekali pantai-pantai lainnya yang tidak kalah indah dan menarik untuk  dikunjungi khususnya di daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat.

Nah, jika kalian ingin wisata pantai, salah satu pantai yang aku rekomendasikan adalah pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung genteng merupakan pantai yang berada di daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Sukabumi sekitar 135 km dari Kota Sukabumi.  Pantai ini terletak di semenanjung barat daya pulau jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. 

Saat aku mengunjungi Pantai Ujung Genteng, fasilitas dan infrastruktur menuju kesana sudah lumayan bagus. Perjalanan dari Bandung ke Pantai Ujung Genteng memerlukan waktu kurang lebih 5 – 6 jam dengan mengambil jalur Pelabuhan Ratu. Berangkat dari Bandung jam 24.00 WIB sampai ke Pantai Ujung Genteng sekitar pukul 05.30 WIB. 


Perjalanan pertama kesana dan di malam hari cukup melelahkan dan menegangkan karena belum ada satupun yang pernah kesana sebelumnya. Kalau saja berangkatnya pagi atau siang, mungkin perjalanan lebih menyenangkan karena kita bisa melihat pemandangan yang di lalui. Sebelum sampai ke daerah Jampang, kita akan melewati perkebunan teh dan karet. Kalian bisa membayangkan perjalanan tengah malam ketika melewati perkebunan tersebut dengan hanya mengandalkan penerangan lampu mobil dan tanpa petunjuk arah yang jelas. 

Sesampainya di pantai ujung genteng, kelelahan tersebut hilang tergantiukan dengan kekaguman akan keindahan pantai Ujung genteng. Ada beberapa pantai di ujung genteng ini yang bisa kalian datangi, diantaranya adalah pantai ombak tujuh, pantai cibuaya/pantai aquarium, dan pantai pangumbahan,

Pantai ombak tujuh tidak sempat aku datangi Karena akses ke lokasi pantai ini membutuhkan upaya ekstra mengingat rute perjalananya yang menantang. Kalau mau kesana kalian harus menyewa atau menggunakan jasa ojek. Pantai Ombak Tujuh oleh wisatawan asing, ombak di pantai ini konon mampu mencapai tujuh tingkat yang oleh karenanya disukai para penggemar surfing.

Aku lebih memilih ke pantai cibuaya dan pangumbahan, hal ini disebabkan ombak Pantai cibuaya begitu tenang dengan air yang jernih. Ombak besar pecah terbentur batu karang. Seperti layaknya akuarium, banyak ikan-ikan yang terjebak di karang-karang.

Adapun pantai pangumbahan terkenal dengan penangkaran penyu hijau. Pantai berpasir putih ini sungguh indah. Disini kita bisa melihat secara langsung pelepasan tukik (anak penyu). pelepasan tukik dilakukan hampir setiap hari. Ratusan tukik dilepas ke samudera lepas, biasanya dilakukan pada sore hari sebelum pasang. Para wisatawan sudah berkumpul di pantai dari jam 4 sore untuk menunggu waktu pelepasan tukik. Walaupun prosesinya hanya sebentar tapi begitu berkesan. Setelah pelepasan tukik selesai, setiap pengunjung harus segera meninggalkan pantai, hal ini karena ombaknya begitu besar. 

Pokoknya kalau berkunjung ke pantai Ujung Genteng, kalian akan disuguhkan keindahan pantai yang mempesona dan memanjakan mata.

Selamat berlibur



Penasaran dengan keindahan Curug Cigangsa Sukabumi, silakan klik disini

Ada Tanah Lot Mini lho di sukabumi, ayo buka artikelnya disini

No comments