Tips Wisata di Pura Agung Besakih


Jika kalian ke Pulau Dewata Bali, dan mampir ke Pura Agung Besakih yang terkenal sebagai Pura Terbesar di Bali, maka ada beberapa tips yang dapat dijadikan referensi. Diantaranya adalah:
·      Pakaian yang digunakan harus sopan, untuk menghormati pura sebagai tempat ibadah dan  umat yang sedang ibadah.
·         Pakailah udeng penutup kepala khas Bali dan kamen sejenis sarung.
·         Jagalah tutur kata dan sikap saat berada di dalam kompleks pura suci ini.
·    Bila kamu membutuhkan jasa pemandu wisata untuk mendampingi dan menjelaskan seluk beluk Pura Besakih, tersedia banyak jasa pemandu di area pintu masuk retribusi Pura Besakih. Tarif pemandu tergantung tawar menawar yang disepakati antara kamu dan pihak pemandu wisata.
·    Bila kamu ingin mengambil gambar, ambillah dari samping atau belakang umat yang sedang beribadah. Jangan sekali-kali mengambil gambar di depan umat karena bisa mengganggu jalannya ritual atau upacara adat.
·         Bagi kaum wanita yang sedang haid, ada larangan untuk memasuki kompleks pura.
·      Dari tempat parkir kendaraan, kalian dapat menggunakan jasa ojek yang ada di pintu retribusi. Tetapi jika kalian kuat untuk berjalan, lebih baik jalan kaki saja. Jaraknya tidak terlalu jauh hanya medannya sedikit menanjak.
·      Ada fasilitas peminjaman sarung dan selendang gratis untuk pengunjung yang bercelana pendek. Biasanya para wisatawan terjebak dengan serbuan anak-anak ABG yang menawarkan penyewaan sarung atau selendang.

Selamat berlibur, semoga liburan kalian menyenangkan

Info tentang wisata ke Pura Besakih dapat klik disini

No comments