Membeli Bunga dan Bibit Buah di Kawasan Wisata Bunga Cihideung


Sebagai Kota Kembang, Bandung memiliki banyak tumbuh tumbuhan yang tumbuh menghijau dan bunga-bunga cantik yang mekar memanjakan mata, sehingga bandung memancarkan aura keindahan yang romatis, harmonis dan humanis.

Salah satu kawasan yang menggambarkan hal tersebut saat ini adalah kawasan Wisata Bunga Cihideung yang terletak di Desa Cihideung Kecamatan Parongpong (kawasan Lembang).Tempat ini menyediakan aneka jenis bunga tanaman hias, bibit buah buahan dan agrowisata.

Kawasan wisata bunga Cihideung melayani penjualan bunga baik partai besar maupun eceran Kawasan ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan. Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di desa Cihideung ini, dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman, dan tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi. Di desa Cihideung ini lebih dari 80% warga desa Cihideung menjadi petani bunga, dimana terdiri dari 30% petani bunga potong, dan 50% petani bunga hias. 


Tempat ini telah menjadi pusat tanaman hias. Dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. Dinamakan kawasan wisata bunga karena di sepanjang jalan (sebelah kanan dan kiri) banyak terdapat tempat-tempat menjual tanaman.

Untuk bisa berkeliling di area ini kita hanya bisa memarkirkan kendaraan di pinggir–pinggir jalan di sepanjang desa Cihideung Karena belum terdapat lokasi parkir terpadu yang luas. Tapi hal itu tidak menjadi hambatan bagi setiap pengunjung untuk datang untuk sekedar melihat–lihat ataupun membeli bunga untuk memperindah taman di rumah mereka. 

Selain tanaman bunga, terdapat juga berbagai jenis bibit buah–buahan. Terdapat begitu banyak bibit buah-buahan yang ada, diantaranya mangga, jeruk, pepaya, sawo, berbagai varietas jeruk, jamblang, jambu batu kristal, berbagai jenis jambu air dan berbagai jenis bibit buah–buahan lainnya. Bibit buah–buahan yang ada banyak dibeli oleh orang–orang yang hobi berkebun, atau orang–orang yang hanya ingin menambah koleksi tanaman buah–buahannya di tamannya. 




Lokasi Taman Bunga Cihideung yang berada sekitar 4,7 kilometer dari tikungan Jalan Setiabudi-Sersan Bajuri dengan ketinggian sekitar 1.100 meter diatas permukaan laut (dpl). Untuk mencapai kawasan wisata bunga di desa Cihideung ini, kalian yang dari Bandung akan mencapai lokasi wisata ini kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Bandung. Sebagai patokan untuk mencapai kawasan wisata bunga Cihideung ini, kalian tinggal menuju kawasan terminal Ledeng, dari situ kalian bertanya atau tinggal melanjutkan perjalanan menuju arah Lembang, pasti akan dengan mudah mencapai lokasi desa Cihideung, Parongpong Lembang Bandung Barat. Selain itu bila kita menempuh jalan melalui jalan Cihanjuang, kita juga bisa menikmati indahnya perkebunan disepanjang jalan menuju desa Cihideung. Kesegaran dan kesejukan tersaji di sepanjang perjalanan menuju lokasi. Perlu kalian ketahui karena medan jalannya naik dan turun, kalian diminta untuk lebih berhati-hati. 



Untuk memasuki Kawasan Wisata Bunga ini tidak dikenakan biaya atau gratis, namun apabila kalian menyukai dan ingin memiliki aneka jenis bunga, baik hias maupun bunga potong maupun bibit buah-buahan, maka kalian harus membelinya untuk bisa dibawa pulang tentunya. Tentang harga bunga atau tanaman hias yang ada di Taman Bunga Cihideung Lembang Bandung ini, harganya relatif murah, dan dijamin sangat bersaing. Kalian harus pintar-pintar dalam tawar harga dengan penjual.



No comments