Apa Itu Kartu Octopus?

Kartu Octopus yang digunakan sebagai alat pembayaran khususnya moda transportasi selama kalian di Hongkong

Kartu Octopus merupakan kartu elektronik yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran  selama kalian berada di Hongkong. Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum, pembelian di toko-toko baik makanan cepat saji, supermarket, toko-toko kue, mesin penjual dan masih banyak lagi.

Kartu yang berharga dan juga sangat serbaguna ini  sangat mudah digunakan, kalian tinggal letakkan kartu Octopus diatas mesin pembaca dan jumlah pembayaran akan secara otomatis dipotong dari nilai yang pada kartu. Jadi kalian tidak perlu membuang waktu lama untuk mengelilingi Hong Kong.

Kartu Octopus untuk para turis memiliki desain dengan symbol-simbol Hongkong, menjadikannya sebagai souvenir ideal yang dapat digunakan lagi ketika kalian kembali ke Hongkong. Berbagai jenis kartu Octopus telah tersedia . Jenis terbaik bagi pengunjung adalah kartu turis Octopus seharga HK $ 39 dan pinjaman kartu octopus dengan deposit dikembalikan HK $ 50.

Bila kita telah menyelesaikan perjalanan kita di Hongkong maka di Hall A & B Terminal 1 kita menuju counter Airport Express dan lakukan refund kartu Octopus tersebut maka akan dikembalikan deposit dan saldo yang ada, dan  bila saldo minus maka deposit + (- saldo) dan akan dikenakan administrasi refund fee sebesar HKD 9.

Dilansir dari Wikipedia, Octopus telah menjadi sistem pembayaran elektronik paling sukses sedunia, dengan sekitar 14 juta kartu Octopus dalam sirkulasi (dua kali populasi Hong Kong), 10 juta transaksi per hari, 420 pedagang, dan 50.000 prosesor.

Ingin tau tentang Penginapan dan Moda Transportasi di Hongkong, silakan klik disini

No comments