TIPS WISATA KE KAWAH PUTIH CIWIDEY


Salah satu Objek Wisata terkenal di Bandung Selatan yang terletak di kawasan Ciwidey adalah Kawah Putih. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Karena keindahan dan keunikan dari Kawah Putih inilah yang menjadikan Kawah Putih sebagai objek wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan. Air danaunya yang jernih dan kehijauan menambah pesona kawah yang satu ini.

Ada beberapa Tips ketika anda akan mengunjungi Kawah Putih Ciwidey:
1.  Datang pada pagi hari, kenapa harus pagi-pagi? Ada 2 hal yang menyebabkan saya untuk menyarankan anda datang pagi-pagi, yaitu: 

    Pertama, Perjalanan dari Pusat Kota Bandung ke Kawah Putih dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam bahkan bisa mencapai 3 jam tergantung kondisi lalu lintas saat anda berkunjung ke Kawah Putih. 

    KeduaMenjelang siang, akan terasa lebih panas dan biasanya kawasan Kawah Putih tertutup kabut tebal dan bahkan hujan lebat.

2.    Parkirlah dibawah dan gunakan angkutan yang telah disediakan oleh pengelola supaya biayanya lebih ringan. Jika anda memaksakan diri parkir di atas dekat dengan kawasan wisata Kawah Putih, maka biaya parkirnya cukup mahal yaitu Rp150.000,- per kendaraan.

3.  Karena kawah ini masih tergolong aktif, jadi hindari terlalu dekat dengan Kawah. Bau belerang yang cukup menyengat dan aromanya yang kurang sedap, maka pastikan anda membawa masker.

4.  Untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari, sebaiknya anda menggunakan sunblock.

5.  Bawa kamera yang bagus dan gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mengabadikan moment anda di Kawah Putih. Saran saya jangan terlalu lama berada disana karena bau belerang yang menyengat dapat mengganggu pernapasan anda. 

6.   Pilihlah rute yang anda anggap tidak terlalu macet. Berikut ada beberapa rute yang  dapat dijadikan pilihan untuk mencapai Kawah Putih:
           
    Rute 1Dari Pusat Kota Bandung – Jl. Soekarno Hatta – Jl Holis – Cigondewah - Taman Kopo Indah 3 – Jl. Cipatik – Jl. Terusan Cipatik Soreang – Jl. Raya Soreang Ciwidey – Jl. Raya Ciwidey – Jl. Raya Rancabali – Jl Raya Patengan – Masuk kawasan parkir bawah – Kawah Putih.

      Rute 2
    Pusat Kota Bandung - Tol Padaleunyi (Keluar Tol Kopo) – Jl Raya Kopo – Jl. Raya Kopo Sayati – Jl. Raya Soreang Kopo –Jl. Raya Soreang Ciwidey – Jl. Raya Ciwidey – Jl. Raya Rancabali – Jl Raya Patengan – Masuk kawasan parkir bawah – Kawah Putih.

      Rute 3
     Pusat Kota Bandung – Tol Padaleunyi (Keluar Tol Baros) - Jl. Raya Leuwigajah – Jl Kerkof – Jl Raya Nanjung – Jl Sukawangi Kaler – Jl. Terusan Cipatik Soreang – Jl. Raya Soreang Ciwidey – Jl. Raya Ciwidey – Jl. Raya Rancabali – Jl Raya Patengan – Masuk kawasan parkir bawah – Kawah Putih.

      Rute 4
     Pusat Kota Bandung – Jl. Buahbatu – Jl.Bojongsoang – Jl. Dayeuhkolot – Jl. Raya Banjaran Soreang- Jl. Raya Soreang Ciwidey – Jl. Raya Ciwidey – Jl. Raya Rancabali – Jl Raya Patengan – Masuk kawasan parkir bawah – Kawah Putih


Itulah beberapa tips yang dapat saya informasikan kepada anda yang mau berlibur ke Kawah Putih.

Selamat berlibur, nikmati keindahan alam Kawasan Ciwidey khususnya Kawah Putih. Jadikan moment liburan anda semakin berarti.





No comments