Keindahan Curug Cikaso Surade Sukabumi



Curug atau Air Terjun selalu memberikan kesan yang berbeda bagi pengunjungnya. Kedekatan kita kepada alam akan terasa sekali manakala kita berada dekat curug.

Keindahan Curug Cikaso
Di Jawa Barat, banyak sekali curug-curug yang dapat dikunjungi baik curug yang relatif kecil maupun yang besar. Salah satu curug yang wajib anda kunjungi adalah Curug Cikaso Surade Sukabumi. Panorama keindahan dari curug ini patut diacungi jempol, begitu menawan memanjakan mata.

Curug Cikaso ini terletak di Dusun Ciniti, Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat, letaknya kurang lebih 30 km dari Ujung Genteng atau kurang lebih 1 jam perjalanan. Posisinya di sebelah kiri jalan sebelum memasuki kawasan Surade persisnya di simpang tiga jalan Cikaso.

Perahu sewaan
Curug Cikaso atau disebut juga dengan Curug Luhur, memiliki 3 curug yang terdiri dari Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.  Curug dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter ini  menyuguhkan panorama keindahan alam yang membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Limpahan air dari ketiga curug ini tercurah ke dalam kolam berwarna biru kehijauan di bawahnya begitu terasa sejuk dan menyegarkan.

Curug Cikaso saat musim kemarau
Curug Cikaso akan lebih menawan pada saat debit airnya besar, sayang sekali pada saat saya ke sana, debit airnya sedang kecil, maklum saat itu sedang musim kemarau. Tetapi saya tidak kecewa, walaupun debit airnya kecil, tetapi tidak mengurangi keindahan dari Curug Cikaso ini.

Foto sekitar Curug Cikaso
Saat kita memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan, ada 2 alternatif untuk mencapai Curug Cikaso. Pertama menggunakan sampan atau perahu sewaan menyusuri sungai dengan harga sewa saat itu Rp.60.000,- per perahu. Cara kedua adalah dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah. Saya lebih memilih berjalan kaki menyusuri pematang sawah dengan waktu tempuh hanya kurang lebih 10 – 15 menit saja.

Lelahnya selama perjalanan terbayar manakala kita menginjakkan kaki di Curug Cikaso.


No comments