Pengalaman Pertama, Wisata ke Kota Lumpia Semarang


Sudah lama tidak liburan, tapi bingung mau pergi kemana???

Bolak balik buka website cari tiket murah, ga nemu yang cocok. Pikir punya pikir, sudahlah nyoba cari info tentang wisata di Kota Semarang. Maklum belum pernah ke Semarang…akhirnya ambil keputusan untuk mencoba mengunjungi Kota yang terkenal dengan julukan Kota Lumpia.

Cek situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) https://tiket.kereta-api.co.id, tiket promonya sudah habis jadi terpaksa beli tiket kereta reguler dari Bandung – Semarang Tawang kelas Bisnis dengan harga tiket 278.750,00 karena beli via situs resmi lumayan dapat potongan 7.500,00 jadi hanya bayar 271,250.00. Untuk jurusan Semarang Tawang – Bandung pilih kelas Eksekutif dengan harga 223.750 dengan potongan 7.500 jadi hanya bayar 216.250,00. Tiket sudah dapet….tinggal penginapan. Setelah hunting dan beberapa review dari orang-orang yang telah mengunjungi Kota Semarang, akhirnya dipilih Fave Hotel Diponegoro dengan rate per malam 306.286/malam.
Hari yang ditunggu akhirnya tiba.

Jumat, 11 Agustus 2017 
Jadwal keberangkatan ke Semarang jam 21.25, karena belum cetak boarding pass, maka 1 jam sebelum keberangkatan harus sudah di stasiun. Dari kantor berangkat pukul 19.30 dengan menggunakan Grab Bike dengan tarif 7.000,- sampai di stasiun langsung cetak boarding pass, ketika melihat jam, ternyata hampir 2 jam harus menunggu di stasiun. Tapi tak apalah lebih baik nunggu disbanding harus terlambat. Untuk bekal di kereta, aku mampir ke yomart stasiun dan membeli beberapa cemilan termasuk nasi goreng siap saji. Perjalanan ditempuh dalam waktu 7,5 jam. Jadi sampai di Stasiun Semarang Tawang kurang lebih Jam 05.10.

Sabtu, 12 Agustus 2017
Jam 05.10 kereta yang saya tumpangi berehnti di Stasiun Semarang Tawang, setelah istirahat sejenak, aku mulai sedikit kebingungan, karena ini kali pertama sehingga belum hapal dengan medan. Dipikir-pikir kalau ke hotel dulu masih terlalu pagi, ga mungkin bisa check in (jadwal check in jam 14.00) jalan-jalan menikmati kota Semarang juga belum hapal. Untung ada mbah googling, cari info sana sini, ternyata lokasi kota lama Semarang dekat dengan stasiun. Akhirnya sambil nunggu waktu agak siang, aku berjalan keluar stasiun tawang sambil cari angin. Nah tepat di depan stasiun ada polder seperti kolam penampungan air. Sudah terlihat beberapa warga yang sedang jogging menyusuri polder tersebut, ada juga yang memancing dan yang hanya sekedar duduk-duduk sambil menikmati riaknya air.

Setelah melewati polder, aku lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki (hitung-hitung olahraga pagi hehehe…) ada pabrik rokok dengan bangunannya yang tua dan unik. Lalu belok kiri ke jalan Branjangan… Nah disini, suasana kota lama begitu terasa, dari bentuk dan arsitektur bangunan-bangunan disepanjang jalan, dan kondisi disekitarnya. Lurus terus menyusuri jalan branjangan, diujung jalan terdapat Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Ambil beberapa foto disana, sayang belum ada yang buka karena hari masih sangatlah pagi. Tak puas hanya disitu, akhirnya aku menyusuri jalan Letjen Suprapto sambil selfie. Sedikit narsis ga masalah kali ya mumpung di kota orang.hehehhehe.

Tidak sampai 5 menit berjalan dari gedung 3D, akhirnya sampailah di depan greja blenduk yang terkenal sebagai landmarknya kota lama Semarang. Bangunan gereja merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian. Bangunannya bergaya Neo-Klasik ini terlihat tampil kontras dan bentuknya lebih menonjol jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan lainnya. Disebelahnya terdapat taman srigunting yang sering dijadikan tempat/panggung hiburan berupa tampilan kesenian-kesenian yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung kota lama Semarang.

Hari telah menunjukkan pukul 07.00 WIB, perut sudah mulai keroncongan minta diisi. Kuliner pertama yang dituju adalah lekker paimo yang terletak di jalan karang anyar depan gerbang SMA Kolese Loyola. Karena ga hapal jalan, aku manfaatkan moda transportasi yang lagi ngehits yaitu transportasi online. Pakai grab car ke sana, ternyata jalannya sedikit berputar-putar karena sopirnya ga hapal jalan-jalan di semarang, untung ada GPS dan tanya sama orang-orang akhirnya ketemu lah SMA Kolese Loyola. Tapi nampaknya belum beruntung, Lekker Paimo belum buka, baru beroperasi mulai jam 9 sampai jam 5 sore. Karena bingung, akhirnya sopir grab tersebut memberikan info bahwa di sekitar kota lama ada tempat makan yang murah meriah. Tertarik dengan info itu, akhirnya aku putuskan makan bareng dengan sopir grab tersebut di sekitaran kota lama…damn dalam hati balik lagi deh kelokasi semula, tapi gpp lah. Menu sarapannya sederhana, dengan ikan mangut, tempe dan perkedel Cuma Rp.8000 saja, begitu murah.

Setelah selesai sarapan, tujuan selanjutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Kurang lebih 15 menit dari Kota Lama, sampailah di Klenteng Sam Poo Kong. Satu hal yang diingat, disana jalanan begitu lengang tidak ada kemacetan “apakah gara-gara masih pagi?”. Nah, sesampainya disana aku langsung menuju loket penjualan tiket. Petugas tiket menawarkan 2 opsi, yaitu tiket umum Rp8000,- dengan fasilitas pengunuung hanya diperbolehkan di area umum saja dan tiket terusan Rp28.000,- pengunjung dapat masuk ke area klenteng hanya saja tidak masuk ke dalam klenteng jika tidak untuk berdoa atau ibadah. Saran aku sih, lebih baik ambil tiket umum, karena hampir sama saja fasilitasnya.
Setelah selesai keliling-keliling dan menikmati area klenteng sam poo kong, lanjut ke BSB City untuk menemui salah satu sodara disana. Eh bingung naik apa ya kesana? Tanya pada warga sekitar, ternyata bisa menggunakan bus BRT (bingung apa ya BRT) ternyata BRT adalah Bus Rapid Transit, kalau di Jakarta namanya Trans Jakarta. Nunggu di halteu BRT kuran lebih 20 menit, dan bus yang diannti akhirnya datang. Bus yang aku tumpangi adalah bus koridor II dan harus transit di halteu balai kota untuk pindah bus ke koridor IV. Tarifnya murah lho, hanya Rp.3.500 dan ketika kita pindah bus ke koridor lainnya tidak dikenakan biaya lagi dengan syarat berhentinya di halteu transit. Sebagai info, waktu operasi BRT ini sangatlah sempit sampai magrib bus sudah tidak ada.

Aku turun di depan SPBU BSB City lalu dijemput oleh sodara. Istirahat sejenak dirumahnya, perjalanan dilanjutkan kembali ke Hotel untuk check in. Perlu sedikit perjuangan untuk mencapai hotel. Ternyata oh ternyata…agak jauh dari Simpang lima dan keramaian kota. Kalau lihat di peta memang dekat dengan Simpang Lima, namun pada kenyataannya agak kearah atas, jalannya sedikit menanjak, jadi kalau untuk jalan kaki dari simpang lima lebih baik mengurungkan niat.

Sesampainya di Fave Hotel Diponegoro, langsung check in lalu menuju kamar yang berada di lantai 7. Waktu telah menunjukkan pukul 17.30, setelah istirahat sejenak, aku siap-siap untuk menuju Mesjid Agung Jawa Tengah yang dikenal dengan MAJT. Perjalanan ke MAJT menggunakan transport online lagi dengan tarif Rp23.000. Perjalanan ditempuh kurang lebih 15-20 menit ke arah timur. Keliling-keliling di MAJT tak lupa nyobain naik ke Menara asmaul husna MAJT. Setiap orang dikenakan tarif Rp9000,- Setelah puas menikmati fasilitas MAJT, perjalanan dilanjutkan ke Pasar Semawis di daerah pecinan Semarang. Pasar semawis ini hanya buka saat weekend. Saking penasarannya, jadi aku menyempatkan untuk datang ke Pasar Semawis sekalian makan malam. Ada kurang lebih 200 pedagang dengan tenda-tenda yang tertata sepanjang jalan pecinan tersebut. Beragam makanan tradisional, makanan kekinian, dan minuman tersedia disini. Mungkin bagi yang muslim harus pandai-pandai memilih atau bertanya langsung kepada penjualanya apakah halal atau tidak makanan yang akan kita beli.


Selesai menjelajah pasar semawis, dilanjutkan ke Kota Lama Semarang. Rasa ingin tahu situasi di Kota Lama Semarang pada malam hari seperti apa membuat rasa Lelah karena seharian jalan tidak digubris. Sesampainya disana, suasana begitu berbeda. Banyak sekali wisatawan yang datang jika dibandingkan dengan siang hari. Gedung-gedung bergaya colonial ditambah dengan pijaran lampu-lampu membuat suasana yang berbeda. Kurang lebih satu jam keliling di Kota Lama Semarang, akhirnya aku balik ke hotel untuk istirahat dengan menggunakan transportasi online dengan tarif sebesar Rp18.000,-. Sesampainya dihotel langsung istirhat untuk persiapan besok ke beberapa lokasi wisata di Semarang.
         
Baca juga tentang, 10 lokasi wisata yang wajib kalian kunjungi jiak ke Semarang, silakan klik disini                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

No comments