Wana Wisata Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang

Signboard Tanjung Duriat Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang
Bagi kalian yang akan berwisata ke Kabupaten Sumedang, coba dan nikmati keindahan wisata alam atau wana wisata Tanjung Duriat Waduk Jatigede. Tanjung Duriat berada desa Pajagan, Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang dengan konsep wisata yang memperlihatkan sebuah pemandangan Waduk Jatigede. Tempat ini berdiri di lahan perum perhutani hasil kerjasama antara Perum Perhutani KPH Sumedang dengan LMDH Desa Pajagan. Dalam rangka memanfaatkan potensi bendungan Jatigede, Perum Perhutani Sumedang mengembangkan lokasi wisata baru yang terletak di Blok Notos Petak 23 a dan 23 b di bawah pemangku RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar. Lokasi ini dijadikan salah satu lokasi Wana Wisata yang memanfaatkan keindahan alam Bendungan Jatigede
Tanjung Duriat menyajikan indahnya pemandangan waduk Jatigede dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan. Mengapa di beri nama Tanjung Duriat? Karena letaknya menjorok ke arah waduk Jatigede sehingga dinamakan tanjung, selain itu nuansa dan keelokan pemandangan di tanjung ini melambangkan kasih sayang maka diberi nama duriat (bahasa sunda) yang artinya kasih sayang.  
Keindahan waduk Jatigede dilihat dari Tanjung Duriat 
Untuk mewakili Wana Wisata Tanjung Duriat ini dibangunlah papan penanda (signboard) Tanjung Duriat dengan ikonnya berbentuk logo cinta (love). Tempat ini merupakan spot yang banyak diminati para wisatawan untuk dijadikan tempat untuk berfoto bersama teman (wefie) atau berfoto sendiri (selfie). Dari tempat ini juga bisa memandang hamparan air bendungan Jatigede. Sehingga bagi yang berfoto bisa sekaligus memiliki latar belakang bendungan Jatigede.

Pemandangan ke arah Waduk Jatigede dilihat dari Tanjung Duriat
Untuk mencapai lokasi Tanjung Duriat, kalian bisa menggunakan jalur Situraja - Pajagan ataupun melewati jalur Tomo - Jatigede. Akses jalannya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. 
Sebagian kondisi jalan menuju ke Tanjung Duriat Waduk Jatigede

Pastikan kondisi kendaraan kalian dalam kondisi prima, karena kondisi jnalnnya belum begitu mulus. Kalian tidak perlu khawatir soal harga tiket, terbilang murah dengan tarif masuk Rp. 7500,- tambahan biaya parkir Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor.
Pintu Masuk ke wana wisata Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang
Di Wana Wisata Tanjung Duriat tersedia berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain tempat atau zona selfie dan wefie dengan pemandangan waduk Jatigede, ada juga tempat untuk berkemah (camping ground), warung kuliner yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, ditambah fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, toilet dan mushola.
Selain Tanjung Duriat, masih ada beberapa wana wisata di sekitar waduk Jatigede yang dapat kalian kunjungi. Ingin tahu tentang 5 objek wisata di pusat Kabupaten Sumedang, klik disini



No comments