5 Objek Wisata di Pusat Kabupaten Sumedang Jawa Barat

Sumedang sebagai kota budaya dan kota pendidikan memiliki daya tarik wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Jawa Barat. Berikut 5 lokasi wisata yang dapat kalian kunjungi di pusat Kabupaten Sumedang, diantaranya adalah:

1.    Alun-alun Sumedang
Monumen ini merupakan icon kota Sumedang. Terletak tepat di pusat kota Sumedang dalam rangka memperingati figure yang sangat penting dalam sejarah yaitu Pangeran Soeriatmaja. Monumen ini dibengun pada tanggal 25 april 1992. 

Lingga sebagai monumen yang menghiasi alun-alun Sumedang

       Kalian Ingin tahu tentang monumen lingga, silakan klik disini

2.   Museum Geusan Ulun
Museum Prabu Guesan Ulun terletak di tengah kota Sumedang, 50 meter dari Alun-alun ke sebelah selatan, berdampingan dengan Gedung Bengkok atau Gedung Negara dan berhadapan dengan Gedung-gedung Pemerintah. Jarak dari Bandung sekitar 45 km, sedangkan jarak dari Cirebon sekitar 85 km.

Tampak Depan Museum Geusan Ulun Sumedang



3.   Gunung Kunci
Gunung kunci adalah bukit kecil yang terletak sekitar 250 m di sebelah barat alun-alun kota Sumedang. Wisata Alam Gunung Kunci merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang banyak dikunjungi wisatawan karena memilki pemandangan yang menakjubkan. Di sini juga terdapat gua peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan masyarakat Sumedang. Wisata Gunung Kunci ini terletak di sebelah utara alun-alun Sumedang kurang lebih 200 meter. Di sini Anda juga dapat menikmati udara yang sejuk dan fresh sehingga sangat bagus bagi pernafasan. 
Gerbang dan pemandangan Gunung Kunci Sumedang



4.   Citengah
Citengah adalah sebuah desa yang berada di daaerah Sumedang Selatan. Sebenarnya tempat ini tidak jauh berbeda dengan tempat ikan bakar lainnya menunya pun terbilang biasa saja mulai dari ikan bakar, ayam bakar dan lain–lain 




5.   Kampung Toga
Lokasi Kampung Toga sekitar 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang, dengan ketinggian 650 DPL koordinat S 06.52.35.1, E 107.54.34.5 dengan nuansa perbukitan yang asri dan pemandangan kota Sumedang serta hamparan sawah dan sungai yang dapat dinikmati dengan wisata dirgantara yaitu Paralayang dan gantole.
Alamat Kampung Toga :Jalan Makam Cut Nyak Dien Gunung Puyuh Desa Sukajaya-Sumedang Selatan, Jawa Barat. Telp/Fax (0265) 206567.

 


Jika kalian ingin wisata ke Tanjung Duriat Waduk Jatigede, klik disini

No comments