Wisata ke Candi Prambanan Yogyakarta


Kompleks candi prambanan terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Lokasi Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta ini persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan ini merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat ke Yogyakarta.

Sayang sekali, beberapa kali wisata ke Yogyakarta, saya belum sempat singgah ke Candi Prambanan. Nah pada liburan bulan Februari 2016 lalu, akhirnya kesampaian juga berkunjung ke kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Whisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa.



Terik matahari menyambut dengan antusias saat saya datang kesana. Walaupun saya lupa tidak membawa payung atau topi, tetapi tidak menyurutkan langkahku untuk menyusuri setiap kawasan candi yang tertata dengan rapi dan megah.

Saat saya memasuki kawasan candi, ada beberapa candi yang sedang di pugar. Kita harus siap menyusuri setiap kawasan candi dengan berjalan kaki. Jangan lupa untuk  memasuki candi utama. Candi ini dihiasi dengan relief-relief yang menceritakan tentang Ramayana dan Khrisnayana. Relief ini berada di dinding bagian dalam dari pagar yang mengelilingi Candi Trimurti. Relief Ramayana menceritakan tentang perjuangan Rama yang dibantu oleh Hanoman untuk merebut Shinta, istrinya yang diculik oleh Rahwana. Untuk Krishnayana, relief ini menceritakan tentang perjalanan hidup Krishna sebagai awatara atau reinkarnasi dari Dewa Wishnu.

Perlu diketahui bahwa Candi Prambanan merupakan komplek candi agama Hindu, berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan komplek candi Agama Buddha. Hal tersebut menunjukkan baik agama Hindu maupun Agama Buddha dapat hidup berdampingan.

Candi Prambanan ini buka setiap hari mulai pukul  06:00 – 17:00 WIB dengan harga tiket masuk untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 30.000,- untuk dewasa dan Rp.12.500,- untuk anak-anak sedangkan untuk wisatawan asing sebesar USD 18 dan USD 9 untuk anak-anak.  

Candi Prambanan ini memang cocok sebagai kawasan yang diminati oleh para pecinta fotografi, karena jika anda mengambil gambar dari sudut manapun  hasilnya pasti  bagus.

Saat anda keluar dari komplek candi, anda akan menjumpai pasar seni yang menjual berbagai macam souvenir khas Candi Prambanan.

Jangan lupa, saat anda wisata ke Yogyakarta kunjungi dan nikmati keindahan candi Prambanan.

Selamat berlibur.












No comments