Indahnya Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul Yogyakarta


Pada tulisan saya yang lalu, saya membahas tentang Wisata ke Candi Prambanan http://cloudtotravel.blogspot.co.id/2016/11/wisata-ke-candi-prambanan-yogyakarta.html. Perjalanan selanjutnya setelah dari Candi Prambanan adalah wisata menuju ke Pantai Wedi Ombo di daerah Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai Wedi Ombo termasuk dalam gugusan pantai di Kawasan Gunung Kidul yang berbatasan dengan kawasan pantai di Kabupaten Wonogiri. Bagian kanan dan kiri pantai terdapat perbukitan yang hijau dan subur sehingga menambah keindahan pantai. Jarak pantai dari Kota Yogyakarta kurang lebih 80 kilmeter dan dapat dicapai dengan kendaraan milik pribadi atau kendaraan umum.  



Saat itu saya menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke pantai - pantai di kawasan Gunung Kidul ini cukup mudah, karena akses jalan sudah dikelola dan terawat dengan baik. Rambu - rambu dan petunjuk jalan menuju kesana pun sudah terpampang dengan jelas, sehingga kita tidak perlu khawatir tersesat.

Adapun rute yang saya tempuh untuk menuju ke Pantai Wediombo adalah: Yogyakarta (dari Candi Prambanan) - Wonosari ke selatan (arah Pantai Baron) kurang lebih 9 km ada pertigaan di Desa Mulo, kalau lurus ke arah Pantai Baron. Ambil yang ke Kiri Jurusan Mentel - Bintaos - Tepus - Pertigaan Pasar Jepitu - ke kanan lurus ke arah pantai Wediombo.


Sesampainya di kawasan pantai wedi ombo, kami disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah dan masih natural. Lapangan parkir yang luas terdapat di tepi atas pantai. Untuk mencapai pantainya, kita harus menuruni tangga (lupa tidak menghitung jumlah tangganya) dan menyusuri jalan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. 

Pantai Wedi Ombo dalam bahasa Jawa dapat diartikan wedi artinya pasir sedangkan ombo artinya luas. Jadi, arti nama pantai Wedi Ombo secara harfiah adalah pasir yang luas. Pengunjung yang datang ke pantai ini biasanya menghabiskan waktu dengan berenang dan bermain-main pasir, selain itu banyak juga yang memancing ikan dari atas batu karang. 

Pantai Wedi Ombo memiliki spot yang pas untuk mengabadikan moment sunset. Dengan posisi pantai yang hampir menghadap ke barat ditambah dengan pantai pasir putih yang bersih dan gugusan karang dengan berbagai bentuk menarik, menjadikan Pantai Wedi Ombo memang sempurna untuk di nikmati saat sunset menjelang.

Fasilitas yang tersedia disana antara lain, lahan parkir yang luas, toilet  umum, dan warung-warung yang menjual aneka makanan. Sayangnya di sana belum terdapat penginapan.

Setelah puas menikmati indahnya pantai Wedi Ombo, perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Indrayanti.









1 comment: