Eksotisme Pantai Karang - Rancabuaya Garut Selatan


Pantai yang dipenuhi batu karang
Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan buah tangannya yaitu dodol. Selain itu, Garut ternyata memiliki pantai-pantai indah yang patut dikunjungi. Letak pantai-pantai itu terletak di Garut Selatan. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Rancabuaya. Letaknya berada di Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai dengan gugusan karang yang indah dihiasi dengan pantai pasir putih yang membentang di sisi pantai menambah eksotisme keindahan rancabuaya.

Ombak yang besar menghiasi pantai Rancabuaya
Waktu tempuh untuk sampai di Pantai Rancabuaya adalah sekitar 4 jam dari Kota Garut. Perjalanan yang cukup memerlukan perjuangan. Tetapi perjuangan anda tidak akan sia-sia karena terbayar dengan pemandangan perkebunan teh, pegunungan, dan sungai-sungai yang menghiasi serta tentu saja disambut dengan keindahan pantai yang menawan.


Pantai Rancabuaya 
Pantai Rancabuaya memiliki batu-batu karang besar dipinggir pantai. Cukup menarik karena banyak ikan-ikan kecil terperangkap di karang-karang tersebut yang terbawa oleh ombak. Pantai Rancabuaya memiliki ombak yang besar karena langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Karena pantainya dihiasi dengan karang-karang, sehingga tidak cocok untuk berenang. Tapi anda jangan khawatir, walaupun tidak bisa berenang,  tetapi anda dapat menikmati keindahan pantainya dengan melihat, bermain dan menangkap ikan-ikan kecil yang terperangkap oleh karang, tetapi anda harus hati-hati saat bermain air, karena banyaknya karang yang terhampar serta ombak yang besar. Banyak objek foto yang menarik yang dapat anda ambil. Selain itu, pantai rancabuaya merupakan pantai pelabuhan sehingga anda bisa mendapatkan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan ataupun dari warung di sekitar pantai.

Curug yang terlihat sepanjang jalan menuju Rancabuaya
 Untuk masalah penginapan, anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penginapan baik berupa villa, ataupun homestay. Saat pertama saya datang kesana saya memilih menginap di Villa Jaya Sakti 2 karena letaknya persis di pinggir pantai, bangunannya baru, bersih dan rapi serta harganya yang relatif terjangkau.

Ikan kecil tejebak diantara karang
Untuk menghemat waktu perjalanan, saya memilih jalur Bandung – Ciwidey – Naringgul – Cidaun – Pantai Jayanti - Rancabuaya. Dengan waktu tempuh sekitar 4 jam kita sudah bisa sampai ke pantai yang indah ini. Sedangkan kalau dari Bandung melalui Kota Garut, waktu tempuhnya sekitar 7 sampai dengan 9 jam perjalanan.
Sepanjang perjalanan, saya dibuat terkagum-kagum, karena begitu banyak air terjun baik yang kecil maupun yang besar. Jalan yang berkelok-kelok, menurun, dan juga terjal. Ada juga kelokan jalan seperti tusuk konde, Anda harus berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Jika anda berkunjung ke Pantai Rancabuaya, jangan lupa mengunjungi Pantai Jayanti dan juga Puncak Guha.


Selamat berwisata, selamat menikmati keindahan pantai selatan di Kabupaten Garut yang eksotis. 

No comments