Tips Sebelum Travel Ke Luar Negeri



Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh rekan-rekan yang mau bepergian ke Luar Negeri. Hal-hal sepele yang kadang-kadang terlupakan tetapi sangat besar pengaruhnya jika tidak dipersiapkan sebelumnya.
Langkah awal adalah rekan harus menentukan Negara mana yang akan dikunjungi? Berapa lama? serta transportasi yang digunakan?

1. Tiket
Jika sudah menentukan pilihan Negara mana yang akan rekan kunjungi, langkah selanjutnya adalah mulailah mencari tiket. Tiket merupakan hal yang sangat penting untuk meenetapkan langkah selanjutnya. Rekan tidak perlu pusing untuk mendapatkan tiket, banyak sekali maskapai ataupun jasa-jasa yang menyediakan tiket-tiket murah. Ambillah contoh, saat ini ada maskapai penerbangan yang memberikan promo-promo tiket sebagai referensi dan memberikan kemudahan untuk lebih cepat dalam menentukan Negara yang dituju untuk berwisata.
Ketika pesan tiket, rekan harus mempertimbangkan waktu berkunjung, berapa lama di Negara tersebut karena hal tersebut mempengaruhi jumlah pengeluaran yang akan rekan keluarkan.

2. Paspor
Setelah tiket diperoleh, langkah selanjutnya adalah siapkan paspor anda. Jika anda belum memiliki paspor sebaiknya segera datang ke kantor imigrasi terdekat untuk membuat paspor, atau bisa cek di www.imigrasi.go.id untuk fasilitas paspor online. Dengan daftar paspor online, maka anda akan sedikit terhindar dari antrian panjang di kantor Imigrasi.
Jika rekan tinggal di bandung, ada 2 lokasi yang dapat rekan datangi untuk membuat paspor, yaitu kantor imigrasi kelas 1 di Jl. Surapati dekat jalan pahlawan dan yang kedua di kantor imigrasi ULP (Unit Layanan Paspor) Gedung Bina Citra Lantai 3  Jl. Soekarno-Hatta Bandung, letaknya bersebelahan dengan Bandung Convention Center.

3. Web Check in
Jika Paspor sudah ditangan, maka selanjutnya rekan-rekan dapat masuk ke website maskapai penerbangan yang mengeluarkan tiket perjalanan rekan untuk melakukan web check in. Hal ini diperlukan untuk mempermudah rekan pada saat datang ke bandara, sehingga dengan check ini melalui web rekan tidak perlu lagi antri di counter tiket untuk check in. Lumayan dapat menghemat waktu, apalagi arus lalu lintas di Bandung saat ini sudah macet dimana-mana, ya sebagai antisipasi jika waktu saat sampai dibandara mepet-mepet. Biasanya kita dapat menggunakan web check in 14 hari sebelum keberangkatan, jadi ada waktu yang cukup lah sebelum hal tersebut terlupakan.

4. Itenerary
Supaya perjalanan rekan selama di Negara tujuan lebih terarah dan efektif, maka rekan harus membuat Itenerary atau rencana perjalanan. Hal ini diperlukan supaya objek wisata yang menjadi icon Negara tersebut dapat disambangi semua. Cobalah rekan cari-cari di website pengalaman rekan-rekan lainnya yang sudah melakukan perjalanan ke Negara tersebut. Banyak pilihan-pilihan itinerary yang dapat rekan ramu menjadi itinerary rancangan rekan yang telah disesuaikan dengan rute dan budget yang dimiliki.

5. Pemahaman lokasi dan transportasi selama di Luar negeri
Jika rekan berwisata tanpa jasa tour & travel, maka rekan harus betul-betul mengetahui terlebih dahulu lokasi dan rute serta transportasi untuk menuju lokasi tersebut. Rekan-rekan dapat mengumpulkan semua informasi tentang lokasi tersebut dari website atau buku-buku perjalanan yang dijual di toko-toko buku terdekat. 

6. Uang
Kemanapun dan di manapun, uang merupakan hal utama dalam melakukan transaksi. Untuk itu, maka pastikan rekan telah menyiapkan mata uang Negara tujuan.  Jika belum ada, segera datangi money changer yang ada disekitar tempat tinggal rekan.
Saat ini, money changer mulai banyak bermunculan di Kota Bandung. Kalau rekan sibuk oleh aktivitaas pekerjaan atau lainnya, maka rekan dapat menukarkan mata uang tersebut di money changer yang buka 24 jam. Perhitungkan berapa kebutuhan uang selama rekan bepergian, karena ada beberapa Negara yang tidak dapat menerima penukaran uang dengan rupiah. Jadi supaya semuanya berjalan lancar dan rekan tidak perlu bolak-balik ke money changer selama di Negara tujuan, maka siapkan secukupnya.

7. Perlengkapan yang harus dibawa
Saatnya rekan untuk prepare perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Berikut beberapa barang yang harus rekan persiapkan sebelum hari-H keberangkatan rekan.
  1. Paspor, buku yang satu ini merupakan identitas resmi yang diakui selama rekan di Luar Negeri. Untuk itu pastikan tidak ketinggalan dan sudah masuk ke dalam tas rekan.
  2. Tiket/print out web check in, untuk kemudahan transportasi dari Negara kita ke Negara lainnya, maka pastikan tiket/web check in rkan sudah masuk ke dalam tas juga.
  3. Pakaian. Perhitungkan secara matang kebutuhan pakaian rekan selama bepergiaan, karena akan mempengaruhi beban yang dibawa oleh kita saat pergi maupun saat pulang.
  4. Perlengkapan mandi, bawalah perlengkapan mandi sesimple mungkin. Rekan dapat menggunakan kemasan-kemasan kecil supaya lebih ringkas dan masukkan ke dalam tas khusus perlengkapan mandi.
  5. Tas Kecil, tas ini berguna untuk menyimpan paspor, handphone maupun dompet, sehingga lebih simple saat jalan-jalan menikmati objek wisata Negara tersebut.
  6. Payung/Topi, barang kecil kadang-kadang terlewatkan oleh rekan-rekan. Payung atau topi sangat berguna jika kita bepergian ke Luar Negeri. Tidak perlu malu menggunakan payung apalagi kalau Negara yang kita tuju memiliki cuaca yang panas atau sedang musim hujan.
  7. Power Bank, saat ini sudah menjadi trend bahwa kemanapun rekan, pasti yang ada dibenak rekan adalah jangan sampai gadget lowbat, maka power bank menjadi barang wajib yang harus dibawa.
  8. Kamera, barang yang satu ini memang sangat diperlukan untuk mengabadikan moment-moment penting saat kita menikmati wisata rekan. Tetapi bagi rekan yang tidak memiliki kamera canggih, rekan dapat mengaabadikan moment tersebut dengan gadget rekan.
  9. Siapkan sepatu atau sandal yang nyaman untuk berjalan. Biasanya wisata di luar negeri penuh dengan acara jalan kaki, jadi pastikan bahwa alas kaki yang digunakan tidak membuat rekan tersiksa dalam memakainya.
Demikian beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum rekan wisata ke Luar Negeri. Semoga bermanfaaat.

No comments