Seri Objek Wisata Vietnam - Ho Chi Minh City (Saigon)

Berkunjung ke Cu Chi Tunnel 


 Salah satu objek wisata sejarah yang terkenal di Ho Chi Minh –Vietnam adalah Cu Chi Tunnel.       Cu Chi Tunnel merupakan tempat bersejarah dan bukti peninggalan perang antara Vietnam melawan tentara Sekutu Amerika pada tahun 1970an. Salah satu strategi tentara vietkong dalam bergerilya yaitu dengan membuat “jalur tikus”. Strategi ini berhasil mengalahkan tentara sekutu saat itu.


Cu Chi Tunnel terletak sekitar 70 km Barat Laut kota Ho Chi Minh  atau 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa memanfaatkan jasa agen perjalanan dan ambil paket tur setengah hari. Sebelum menuju ke cu chi tunnel tersebut, kita akan diajak oleh tour guide ke tempat workshop pembuatan kerajinan tangan khas Vietnam yang dikerjakan oleh orang-orang handicapped atau yang memiliki cacat tubuh. Beberapa dari mereka merupakan korban dari perang Vietnam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali menuju Cu Chi Tunnel. Perkebunan karet terhampar selaam perjalanan menuju Cu Chi Tunnel.
Sebelum masuk ke lokasi, tour guide kita akan mengurus semua administrasi yaitu pembelian tiket masuk. Pada saat masuk ke check point tiket sudah terasa aura yang berbeda. Check point tersebut berupa terowongan bawah tanah yang berada di bawah jalanan.
Sebelum melanjutkan melihat seluruh lokasi cu chi tunnel, kita diarahkan untuk memasuki balai pertemuan seperti bangsal untuk mendapatkan penjelasan terlebih dahulu tentang sejarah dan juga diputarkan film dokumenter tentang Cu Chi tunnel tersebut.
Setelah mendapatkan informasi dari penjelasan dari pihak pengelola Cu Chi Tunnel, selanjutnya kita akan ditunjukkan lokasi-lokasi di area Cu Chi Tunnel tersebut. Cu Chi Tunnel ini terdiri dari terowongan-terowongan yang dibangun saling terhubung satu sama lain serta memiliki bunker untuk perawatan kesehatan tentara yang terkena serangan senjata, memasak untuk konsumsi tentara, juga tersedia ruangan untuk makan, dan ruang pertemuan. Mereka menggunakan terowongan ini untuk berlindung dari Serangan Masive Bom-bom Amerika yang mencapai ratusan ton, mendistribusikan makanan, membuat senjata dan ranjau ,mengadakan pertemuan militer, merawat tentara yang terluka dan banyak hal lainnya. Sehingga terowongan ini menjadi seperti desa kecil yang ada di bawah tanah.

Cu Chi Tunnel mempunyai panjang kurang lebih 121 km dengan jalur yang meliuk-liuk dan beraneka ragam kedalaman dari 3, 6 dan 8 meter dari permukaan tanah. Kita akan ditunjukkan bagaimana sistem fentilasi udara untuk terowongan-terowongan ini agar tentara Vietnam tidak kehabisan oksigen selama berada di dalam terowongan, serta  teknik untu menyamarkan asap dari dapur ke dalam saluran udara dengan tumpukan daun-daun yang setiap hari diganti sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bagi tentara Amerika. Para perempuan memasak konsumsi di pagi hari sehingga asap akan tersamarkan dan tampak seperti kabut.
Kita juga diperbolehkan untuk mencoba masuk ke dalam terowongan tersebut dan menyusuri lorong-lorong sempit dibawah tanah.
Selain terowongan, di kawasan Cu Chi Tunnel, kita dapat melihat berbagai macam ranjau yang dibuat dan di manfaatkan saat ini. Berbagai senjata pun diperlihatkan disana. 


No comments