Wisata ke Legoland Johor Bahru Malaysia Via Singapura #Day 3


Pagi itu jam 4.30 aku sudah bangun, karena harus bersiap balik ke Bandung melalui Singapura. Jadwal terbang jam 15.10 waktu setempat, tapi harus segera kemas-kemas supaya tidak telat sampai di Changi, maklum belum pernah berangkat dari Johor Bahru.

Setelah sarapan, jam 07.00 waktu setempat langsung check out dari hotel, lalu menuju JB Central. Urusan Imigrasi selesai, segera menuju tempat pemberhentian bis, lokasinya masih di JB Central, sempet bingung, karena ada beberapa jalur antrian, dan papan informasi yang tersedia sangatlah kurang. Akhirnya ngikut-ngikut orang saja ikut antrian yang lumayan panjang…sempet mikir waduh gimana kalau telat nih, padahal kalau masih ada waktu luang ada keinginan untuk jalan-jalan di Singapura dulu, tapi ya udah pasrah saja…..

Setelah antri lebih dari 1 jam, akhirnya kebagian juga naik bis. Bis yang aku tumpangi adalah bis causeway warna kuning, harga tiketnya murah hanya 2,5 RM. Perjalanan dengan bis tidak begitu lama hanya melewati jembatan yg menghubungkan antara Johor Bahru dengan Singapura. Bis berhenti di Woodlands, kemudian aku turun dan menuju imigrasi untuk izin masuk ke Singapura…Setelah pengecekan imigrasi beres, lanjut antri bis kembali. Bis tersebut tujuan akhirnya adalah ke BUgis. ...antriannya begitu panjang, maklum hari minggu. Setelah antri begitu lama, ternyata jalur yang aku pilih salah..#tepok jidat,kenapa ga cek jalur antrian

Pindah jalur antrian, setelah 20 menit baru kebagian naik bis. Dari woodlands tujuan akhir menuju Bugis. Butuh waktu setengah jam untuk sampai di bugis.

Sesampainya di Bugis, aku langusng menuju ke Mustafa Center, karena di Johor Bahru belum sempet membeli oleh-oleh. Rasanya kurang afdol kalau jalan-jalan tidak membawa sesuatu untuk diberikan kepada teman atau kerabat.  

Ada beberapa cara untuk menuju ke Mustafa Center, yakni bisa gunakan Taxi, MRT, atau bis. Saat itu, aku pilih transportasi yang paling mudah yaitu menggunakan MRT. Dari Stasiun Bugis menggunakan jalur Down Town (warna biru), lalu turun di Little India. Kemudian ganti kereta kearah stasiun Farrer Park. Turun di stasiun Farrer Park (MRT yang dekat mustafa). kemudian keluar dari pintu L dan naik eskalator. setelah itu menyeberang jalan, kita akan melihat gedung mustafa centre.


Atau bisa juga menggunakan MRT jalur East West (warna Hijau). Dari Stasiun Bugis, turun di outram park, kemudian pindah kereta ke jalur North East (warna Ungu), lalu berhenti di Stasiun Ferrer Park. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada peta jalur MRT dibawah ini.
Peta jalur MRT/LRT


Mustafa Center merupakan supermarket yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari mulai dari keperluan rumah tangga, barang elektronik, perhiasan, perlengkapan olahraga, pakaian dan oleh-oleh khas Singapura serta barang lainnya. Mustafa center buka 24 jam, sehingga jika ke Singapura kalian bisa masukkan Mustafa center ke dalam itinerary pada malam hari supaya lokasi lain yang buka nya siang atau sore hatri bisa dikunjungi.
Mustafa Center yang buka 24 Jam

Gak kerasa, ternyata udah 2 jam aku muter-muter disini karena keasyikan melihat dan pilih-pilih barang yang akan di bawa. Akhirnya buru-buru menuju Changi Airport. Jalur yang dilalui saat itu, menggunakan MRT North East dari stasiun Farrer Park menuju ke outram park, lalu pindah jalur East West menuju Stasiun Tanah Merah. Dari stasiun Tanah Merah kemudian pindah lagi menggunakan kereta yang menuju Changi Airport.
Changi Airport dengan menara kontrol yang menjadi icon wisata

Tanpa hambatan, sesampainya di Changi, langsung menuju counter check in, kemudian urusan imigrasi Singapura. Setelah selesai ternyata masih ada waktu sebelum take off. Jalan-jalan sebentar menikmati Changi Airport yang terkenal dengan kenyamanannya. Fasilitas-fasilitas di sana begitu lengkap. Tempat belanja, foodcourt, dan tempat-tempat untuk istirahat.

Setelah berkeliling sebentar, lalu menuju gate yang telah ditetapkan khawatir ketinggalan pesawat. Sebelum masuk ke ruang tunggu kita harus melewati pemeriksaan petugas bandara terlebih dahulu.
Akhirnya pesawat yang membawaku ke Bandung telah siap sesuai dengan jadwal. Perjalanan 1 jam 45 menit ditempuh dengan selamat.

Mudah-mudahan bermanfaat


Foto:
dokumentasi pribadi dan sumber lain


No comments